Rabu, 30 Januari 2013

KingToK ( peking entok ) Buah Perkawinan Warga Unggas


Kingtok apaan tuh? Bunyi jamkah? Bukan, melainkan anak hasil kawin suntik antara itik betina dengan entok jantan. Mungkin bagi sebagian masyarakat kita, nama ini terdengar asing. Tetapi, akan terdengar akrab di telinga, jika kita menyebut nama lainnya yaitu tiktok, serati, beranti, togri, ritog, tongki, atau mandalung. Di samping itu, perkawinan antara itik dengan entok juga bukan sesuatu yang aneh, sebab di alam perkawinan antara itik jantan dengan entok betina sering terjadi.
 
“Kebetulan kromosom (sel pembawa sifat, red.) mereka sama jumlahnya, sehingga dalam perkawinan tersebut sangat mungkin terjadi pembuahan. Tetapi, anak yang dilahirkan akan steril atau mandul. Di sisi lain, bobot tubuh entok betina lebih ringan daripada entok jantan, seukuran itiklah,” jelas Isa Banjarnegara  pencetus istilah Kingtok.

Namun, berbeda dengan kingtok yang merupakan hasil perkawinan antara entok jantan dengan itik peking betina. Perkawinan ini sebenarnya impossibleartificial insemination). Di samping itu, perkawinan antara entok jantan (rata-rata berbobot 5 kg) dengan itik betina (rata-rata berbobot 1,5 kg) akan menghasilkan kingtok seberat minimal 3 kg dalam waktu 3 bulan.

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger